Sabtu, 22 Juni 2013

"KOMPONEN DI DALAM CPU"



KOMPONEN-KOMPONEN YANG DI  DALAM CPU
1.    MOTHERBOARD
motherboard adalah bagian perangkat keras komputer yang berupa papan. dimana perangkat keras motherboard adalah perangkat kerasn yang paling utama dan sangat penting karena berisi sistem BIOS, pengatur koneksi input-output, soket memory, soket kartu grafis, soket prosesor, dan soket kartu-kartu tambahan lainnya.
Fungsi Motherboard dalam komputer sangat penting, karena motherboard merupakan tempat untuk meletakan komponen-komponen yang berfungsi pada komputer. Di antaranya adalah mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen komputer. Motherboard juga mengatur semua jalannya proses, mulai dari penyimpanan data seperti Hardisk, CD-ROM, keyboard, mouse dan printer.
Selain itu fungsi motherboard juga untuk menghubungkan semua komponen komputer yang terpasang. Maksudnya motherboard sebagai pusat pengendali semua komponen komputer agar semua komponen komputer dapat terhubung satu dengan yang lainnya
.

2.    RAM (Random Access Memory )
RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yang dibutuhkan prosesor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

jenis-jenis RAM
1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
2. SRAM ( Static Random Access Memory)
3. EDORAM ( Extended Data Out Random Access Memory)
4. SDRAN (Synchronous Dynamic Random Access Memory)
5. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)
6. NV-RAM (Non-Voltage Random Access Memory)
7. VGRAM ( Video Graphic Random Acces Memory)
8. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory)     

3.    FLOPPY DISK

Floppy disk adalah sebuah perangkat penyimpanan komputer portabel yang melihat masa kejayaannya pada 1990-an.Fungsi dari sebuah floppy disk untuk menyimpan jumlah yang relatif kecil dari data komputer, tidak lebih dari 1. 44MB, pada kecil, portable drive. Alam yang portable memungkinkan pengguna untuk menyimpan file dari satu komputer ke floppy drive dan kemudian mengakses file yang sama pada komputer yang berbeda, bersama dengan manfaat untuk dapat memperbarui dan mengubah mereka jika perlu. Untuk alasan ini, mereka sangat bermanfaat ketika itu datang ke sekolah dan tempat kerja presentasi
Floppy Disk berfungsi untuk menyimpan data dengan memory terbatas yang hanya mencapai 1.44 Mb saja. Data yang di simpan juga dapat di akses ke komputer lain bertujuan untuk mengangut data di dalam Floppy Disk untuk kemudian dapat di akses isinya.
Dan kerusakan yang sering terjadi adalah :



  • Tidak Terdeteksi/ Lampu Led Nyala Terus/ Flopyy Disk Error

Periksa kabel data, ada kemungkinan kabel data terbalik masang, catatan : kabel dengan ujung berwarna merah adalah yang harus dipasang pada pin pertama.
Coba anda restart lagi, biasanya kalau sudah terdeteksi, pesan error “floppy disk error” tidak akan muncul dan lampu akan menyala sesaat diikuti oleh gerakan dan suara dari floppy disk
  • Tidak Bisa Baca/ Tulis pada Disket

Coba anda cek dulu apakah disketnya bagus?
Lepaskan penutup/ cover floppy
Bersihkan dengan sangat hati-hati menggunakan kuas
Lihat kepala head atas dan bawah, apakah ada kotoran menempel, jika ada bersihkan menggunakan cottonbud (korek kuping) yang telah dibasahi oleh alcohol, kemudian coba anda bersihkan kotoran yang menempel di kepala head atas dan bawah. (dalam pengerjaan anda harus ekstra hati-hati, karena kalau tidak kedua head tersebut akan rusak).
Kalau masih tidak bisa baca/ tulis coba anda longgarkan kedua baut head, kemudian anda atur head apakah ke depan-belakang atau ke pinggir sambil mengaktifkan floppy disknya supaya bisa baca disket
sakan Pada Floppy Disk : Tidak Terdeteksi/ Lampu Led Nyala Terus/ Flopyy Disk Error
Periksa kabel data, ada kemungkinan kabel data terbalik masang, catatan : kabel dengan ujung berwarna merah adalah yang harus dipasang pada pin pertama.
Coba anda restart lagi, biasanya kalau sudah terdeteksi, pesan error “floppy disk error” tidak akan muncul dan lampu akan menyala sesaat diikuti oleh gerakan dan suara dari floppy disk

4.    POWER SUPPLY
Pada dasarnya Fungsi utama dari power supply adalah mengubah aliran listrik arus bolak-balik (AC) yang tersedia dari aliran listrik (di Indonesia, PLN). Menjadi arus listrik searah (DC) yang dibutuhkan oleh komponen pada PC. Power supply termasuk dari bagian power conversion. Power conversion sendiri terdiri dari tiga macam: AC/DC Power Supply, DC/DC Converter, dan DC/AC Inverter. Power supply untuk PC sering juga disebut sebagai PSU (Power Supply Unit). PSU termasuk power conversion AC/DC. Power supply diharapkan dapat melakukan fungsi-fungsi berikut ini:
Sebagai konversi input listrik AC menjadi DC, memberikan arus listrik / tegangan DC yang sesuai dengan yang dibutuhkan, dapat menghasilkan arus listrik DC yang lebih merata, dapat mengendalikan arus listrik / tegangan agar tetap terjaga tetapi tergantung beban daya, dan perubahan kenaikan temperature kerja juga toleransi perubahan tegangan daya input, mencegah naiknya tegangan listrik (jika terjadi).
 Power Supply begitu penting peranannya sebagai penunjang hidup komputer kamu di rumah. Power supply itu ibaratnya seperti jantung ditubuh manusia.Power supply merupakan sebuah komponen untuk menyediakan dan mengalirkan arus listrik untuk komponen-komponen lainnya dalam sebuah CPU. Dari arus listrik yang ada dirumah yang dihubungkan ke power supply komputer Anda, dari powes supply tersebut barulah arus listrik sebesar 220Volt ini diperkecil dan dibagi-bagi pada komponen lainnya. Rata-rata tegangan yang dihasilkan power supply antara 5-12 volt dan dipakai untuk menghidupkan komponen lain seperti harddisk, mainboard yang akan membaginya lagi kepada keyboard dan mouse serta piranti USB lainnya, cd-room. Power supply sudah menjadi satu paket dengan cassing komputer, ketika Anda membeli sebuah komputer dengan rata-rata tegangan sebesar 350 Watt. Besar tegangan tersebut sudah mencukupi untuk kebutuhan komputer saat ini (kebutuhan standar).
Power  supply  adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai  tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.

5.    HARD DISK
Hard disk adalah suatu device atau komponen pada komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data dan juga termasuk dalam salah satu memory eksternal dari sebuah komputer.
adapun komponen komponen yang ada di dalam hard disk itu sendiri diantaranya :

a.        Platter (piringan logam) fungsinya adalah sebagai tempat penyimpan data, jumlah iringan ini beragam mulai dari 1, 2, 3, atau lebih. Piringan ini diberi lapisan bahan magnetis yang sangat tipis (ketebalannya dalam orde persejuta inchi). Pada saat ini digunakan digunakan thin film seperti pada processor untuk membuat lapisan tersebut.
b.       Head, berupa kumparan. Head pada hard disk proses baca dan tulis menggunakan head yang sama atau satu head di tiap sisi platter. Untuk hard disk dengan 2 platter dapat memiliki sampai 4 head, hard disk dengan 3 platter dapat memiliki 6 head.
c.       PCB (Printed Circuit Board) atau rangkaian elektronik, terdiri dari ; Rangkaian penguat untuk pembacaan (read preamplifier), DSP (Digital Signal Processor),  Chip Memory, Konektor, Spindle dan actuator arm motor controller.


v NAMA-NAMA KOMPONEN DAN FUNGSI DALAM KOMPUTER
1.    Socket LGA 775: berfungsi sebagai tempat prosesor Pentium 4 dual core, core2 duo, core2 quad dan Pentium D.
2.    Slot memory: berfungsi sebagai tempat memori DDR2.
3.    Chipset Northbridge: berfungsi untuk mengatur data dari CPU, memory dan slot PCI express.
4.    Socket Power 24 pin: berfungsi untuk menghubungkan ke power supply untuk daya listrik motherboard.
5.    Socket Power 4 pin: berfungsi untuk daya listrik CPU/Prosesor
6.    Chipset Southbridge: berfungsi untuk mengatur perangkat penyimpanan data, perangkat keluaran dan masukan yang transfer datanya kecil.
7.    Slot PCI express 16x: berfungsi sebagai tempat dari VGA card.
8.    Slot PCI express 1x : berfungsi sebagai tempat dari VGA card pci express namun jarang digunakan.
9.    Baterei BIOS: berfungsi untuk menyuplai tenaga listrik untuk chip BIOS ketika computer dimatikan.
10.Slot PCI: berfungsi sebagai tempat kartu-kartu tambahan seperti soundcard, modem internal, LAN card, TV tuner, dan lain-lain.
11.Chipset BIOS: berfungsi untuk mengatur tanggal, bulan, tahun, jam, harddisk, dvdrom, booting device dan lain-lain.
12.Socket IDE: berfungsi untuk menghubungkan ke harddisk dan DVD ROM drive. Kecepatan transfer data 133 MB/s.
13.Socket FDD: berfungsi untuk menghubungkan ke Floppy Disk Drive.
14.Front Panel Connector: berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel di casing seperti tombol power, restart, lampu power, lampu harddisk, port USB di casing depan, port speaker dan microphone
15.Socket SATA: berfungsi untuk menghubungkan hard disk dan DVD ROM drive. Kecepatan transfer data 150 MB/s.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar