PENTINGNYA
ICT DALAM DUNIA PENDIDIKAN
1.
PENGERTIAN ICT
Information and
Communication Technologies, ICT adalah payung besar terminologi
yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan
menyampaikan informasi. Melalui perangkat
Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita bisa mencari, mengeksplorasi,
menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. TIK akan
memudahkan kita, mendapatkan ide dengan cepat dan bertukar pengalaman dari
berbagai kalangan.
Dengan demikian, diharapkan dapat
mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga kita
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan TIK
secara tepat dan optimal, termasuk implikasinya saat ini dan di masa yang akan
datang.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.Sedangkan
Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat
bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan
Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang
mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan
pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar
media.
2.
MANFAAT ICT DALAM PENDIDIKAN
Penelitian di dunia telah menunjukkan
bahwa ICT dapat memimpin dalam perbaikan metode belajar para pelajar serta
menghasilkan metode pengajaran yang lebih baik.Sebuah laporan yang di tulis
oleh National Institute of Multimedia Education di Jepang, membuktikan bahwa
peningkatan daya serap para pelajar dengan menggunakan teknologi ICT melalui
integrasi kurikulum secara signifikan menghasilkan dampak yang positif,
terutama dalam bidang pengetahuan, Pemahaman, Ketrampilan Praktis, Ketrampilan
presentasi dalam berbagai subyek pendidikan seperti matematika, ilmu
pengetahuan, dan pelajaran sosial .
Akan tetapi, anda dapat melihat bahwa
banyak solusi teknologi pendidikan yang tersedia di dunia dapat mengakibatkan
kebingungan di antara para pengajar mengenai bagaimana untuk memilih solusi
teknologi ICT yang tepat. Mari kita melihat kelebihan-kelebihan dan
kekurangan-kekurangan dari alat-alat ICT untuk dunia pendidikan dan menemukan
solusi pendidikan ICT yang cocok untuk kebutuhan-kebutuhan sekolah anda.
3. KELEBIHAN DARI
ALAT-ALAT ICT UNTUK PENDIDIKAN
a.
Melalui ICT,
gambar-gambar dapat lebih mudah digunakan dalam proses mengajar dan memperbaiki
daya ingat dari para murid.
b.
Melalui ICT, para
pengajar dapat dengan mudah menjelaskan instruksi-instruksi yang rumit dan
memastikan pemahaman dari para murid.
c.
Melalui ICT, para
pengajar dapat membuat kelas interaktif dan membuat proses belajar mengajar
menjadi lebih menyenangkan, yang dapat memperbaiki tingkat kehadiran dan juga
konsentrasi dari para siswa
4. Peranan TIK dalam bidang industri pendidikan
1. TIK sebagai skill dan kompetensi
·
Penggunaan TIK harus
proporsional maksudnya TIK bisa masuk ke semua lapisan masyarakat tapi
sesuainya dengan porsinya masing-masing.
2. TIK sebagai infratruktur pembelajaran
·
Tersedianya bahan ajar
dalam format digital
·
The network is the
school
·
Belajar dimana saja
dan kapan saja
3. TIK sebagai sumber bahan belajar
·
Ilmu berkembang dengan
cepat
·
Guru-guru hebat
tersebar di seluruh penjuru dunia
·
Buku dan bahan ajar
diperbaharui secara kontinyu
·
Inovasi memerlukan
kerjasama pemikiran
·
Tanpa teknologi,
pembelajaran yang up-to-date membutuhkan waktu yang lama
4. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas
pembelajaran
·
Penyampaian
pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata
·
Memberikan ilustrasi
berbagai fenomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan ajar
·
Pelajar melakukan
eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri
·
Akuisisi pengetahuan
berasal dari interaksi mahasiswa dan guru
·
Rasio antara pengajar
dan peserta didik sehingga menentukan proses pemberian fasilitas
5. TIK sebagai pendukung manajemen
pembelajaran
·
Tiap individu
memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti tiap harinya
·
Transaksi dan
interaksi interaktif antar stakeholder memerlukan pengelolaan back office yang
kuat
·
Kualitas layanan pada
pengeekan administrasi ditingkatkan secara bertahap
·
Orang merupakan sumber
daya yang bernilai
5.
KEKURANGAN
UTAMA DARI ICT UNTUK PENDIDIKAN
a.
Permasalahan dalam
pengaturan dan pengoperasian dari alat tersebut
b.
Terlalu mahal untuk
dimiliki
c.
Kesulitan untuk para
pengajar dengan pengalaman yang sangat minim dalam penggunaan alat ICT
6.
TUJUAN
MEMPELAJARI TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
a.
Menyadarkan kita akan potensi perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga termotivasi
untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar
sepanjang hayat.
b.
Memotivasi kemampuan
kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga bisa
melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan
lebih percaya diri.
c.
Mengembangkan
kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk
mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan
sehari hari.
d.
Mengembangkan
kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih
optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi,
terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
e.
Mengembangkan
kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung
jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran,
bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari.
tonya l'pocole' s gamepad - iTanium-arts.com
BalasHapustonya titanium blue l'pocole' s gamepad. A apple watch titanium vs aluminum simple gamepad to play the most popular games in the graphite titanium babyliss pro world - it's a titanium necklace gamepad to play the most popular games tungsten titanium in