Jumat, 06 Februari 2015

PENGEMBANGAN PARAGRAF EKSPOSISI



         PENDAHULUAN

Saudara sudahkan anda mengetahui apa itu paragraf eksposisi ? tentunya sudah bukan ? bukankah anda sudah lama menjadi seorang guru ? sebagai guru di SMP, paling tidak, Anda harus mampu mengetahui tiga hal yang ada pada mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu paragraf narasi, paragraf deskripsi  paragraf eksposisi, paragraf argumentasi dan paragraf persuasi.
A.    Kompetensi Dasar
Perkembangan paragraf eksposisi
B.     Indicator
1.      Menjelaskan pengertian dan konsep paragraf eksposi

            
                      MATERI
A.    Pengertian paragraf eksposisi
Paragraf merupakan bagian dari karangan (tulisan) atau bagian dari tuturan (kalau lisan). Sebuah paragraph ditandai oleh suatu kesatuan gagasan yang lebih tinggi atau lebih luas daripada kalimat. Oleh karena itu, paragraf umumnya terdiri dari sejumlah kalimat. Kalimat-kalimat saling bertalian untuk mengungkapkan sebuah gagasan tertentu.
Paragraf Eksposisi merupakan karangan yang bertujuan untuk menginformasikan tentang sesuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Karangan eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Sumber karangan ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.
Paragraf Eksposisi tidak selalu terbagi atas bagian-bagian yang disebut pembukaan, pengembangan, dan penutup. Hal ini sangat tergantung dari sifat karangan dan tujuan yang hendak dicapai.
Menulis eksposisi sangat besar manfaatnya, karena sebagian besar masyarakat menyadari pentingnya sebuah informasi. Eksposisi merupakan sebuah paparan atau penjelasan.
Pola pengembangan paragraf eksposisi :
1.      Pola proses
Proses merupakan suatu urutan dari tindakan-tindakan atau perbuatan-perbuatan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu atau parurutan dari suatu kejadian atau peristiwa
2.      Pola sebab akibat
Pengembangan paragraf dapat pula dinyatakan dngan menggunakan sebab-akibat. Dalam hal ini sebab bias bertidak sebagai gagasan utama, sedangkan akibat sebagai perincian pengembangannya. Namun demikian, dapat juga terbalik: akibat dijadukan gagasan utama, sedangkaan untuk memahami sepenuhnya akibat itu perlu dikeukakan sejumlah sebab sebagai perinciannya.
3.      Pola Ilustrasi
Sebuah gagasan yang terlalu umum, memerlukan ilustrasi-ilustrsi konkret. Dalam karangan eksposisi, ilustrasi-ilustrsi tersebut tidak berfungsi untuk membuktikan suatu pendapat. Ilustrasi-ilustrsi tersebut dipakai sekadar untuk menjelaskan maksud penulis. Dalam hal ini pengamatan-pengamatan pribadi merupakan bahanilustrasi yang paling efektif dalam menjelaskan gagasan-gagasan umum tersebut.
Jenis – jenis paragraf eksposisi :
Ada beberapa jenis pengembangan dalam paragraf eksposisi, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Ekposisi defenisi
2.      Eksposisi proses
3.      Eksposisi klasifikasi
4.      Eksposisi ilustrasi
5.      Eksposisi perbandingan,pertentangan,dan
6.      Eksposisi laporan

      LATIHAN

1.      Jelaskan pengertian paragraf eksposisi ?
2.      Sebutkan pola pengembangan paragraf eksposisi ?
3.      Sebutkan jenis – jenis paragraf eksposisi ?

JAWABAN :
1.      Paragraf Eksposisi merupakan karangan yang bertujuan untuk menginformasikan tentang sesuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Karangan eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Sumber karangan ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.
2.      a. pola proses
b. pola sebab akibat
c. pola ilustrasi
3.   jenis – jenis paragraf eksposisi adalah
·         Ekposisi defenisi
·         Eksposisi proses
·         Eksposisi klasifikasi
·         Eksposisi ilustrasi
·         Eksposisi perbandingan,pertentangan,dan :
·         Eksposisi laporan
 
RANGKUMAN

·         Paragraf Eksposisi merupakan karangan yang bertujuan untuk menginformasikan tentang sesuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Karangan eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Sumber karangan ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.
·         Pola pengembangan paragraf eksposisi terdiri dari :
1.      Pola proses
2.      Pola sebab akibat
3.      Pola ilustrasi.
·         Paragraf Eksposisi tidak selalu terbagi atas bagian-bagian yang disebut pembukaan, pengembangan, dan penutup. Hal ini sangat tergantung dari sifat karangan dan tujuan yang hendak dicapai.


D        DAFTAR PUTAKA





























1 komentar: