HASIL OBSERVASI PSIKOLOGI PENDIDIKAN
1.
IDENTITAS
RESPONDEN

1. Nama
Murid : Devi selfianti
Jenis kelamin :
Perempuan
Umur :
10 tahun
Kelas :
IV
2. Nama
Murid : Sudarman
Jenis kelamin :
Laki-Laki
Umur :
10 tahun
Kelas :
IV

1. Nama
Murid : Rahmawati
Jenis kelamin :
Perempuan
Umur :
14 tahun
Kelas : VIII
2. Nama
Murid : Muhammad Ihksan
Jenis kelamin :
Laki-Laki
Umur :
14 tahun
Kelas :
VIII

1. Nama
Murid : Elis
Jenis Kelamin :Perempuan
Umur :
15 tahun
Kelas :
X
2. Nama : Rais
Jenis Kelamin :
Laki-Laki
Umur :
14 tahun
Kelas :
VIII
2.
PERBEDAAN
INDIVIDUAL (ASPEK FISIK-PSIKOLOGIS)

1. Devi
Selfianti
Dari hasil observasi saya terhadap anak yang
bernama Devi Selfianti yang berjenis kelamin perempuan, yang bersekolah di SDN
82 Cora, kelas IV, beragama Islam, alamat Cora Kec.Mattirobulu kabupaten
Pinrang dan tempat tanggal lahir Cora 21 juli 2003 dan sekarang sudah berumur
10 tahun, ia mempunyai tinggi badan 120 Cm dan berat badan 30 kg dan mempunyai
hobi Menggambar,main boneka.
2. Sudarman
Dari hasil observasi saya terhadap anak yang
bernama Sudarman yang berjenis kelamin laki-laki, yang bersekolah SDN 210 Cora,
kelas IV, beragama Islam, alamat Cora Kec.Mattirobulu kabupaten Pinrang dan
tempat tanggal lahir Cora 21 juli 2003 dan sekarang sudah berumur 10 tahun, ia
mempunyai tinggi badan 112 Cm dan berat badan 20 kg dan mempunyai hoby sepak
bola.

1. Rahmawati
Dari hasil observasi saya terhadap anak yang
bernama Rahmawati yang berjenis kelamin perempuan, yang bersekolah SMP PGRI
Sungguminasa,VIII, beragama Islam, alamat tamarunang indah 2 blok D6 no.7 dan
temapat tanggal lahir tarakan 30 november 1998 sekarang sudah berumur 14 tahun,
iya mempunyai tinggi badan155 cm dan berat badan 48 kg, dan mempunyai hoby main
volly
2. Muhammad
Ihksan
Dari hasil observasi saya terhadap anak yang
bernama Muhammad ihksan yang berjenis kelamin laki-laki, yang bersekolah di SMP
PGRI sungguminasa, kelas VIII, beragama Islam, alamat tamarunang indah 2 blok
D5 no. 5 dan tempat tanggal lahir pinrang 12 desember 1998 dan sekarang sudah
berumur 14 tahun, iya mempunyai tinggi badan 160 Cm dan berat badan 45 kg dan
mempunyai hoby main futsal.

1. Elis
Dari hasil observasi saya terhadap anak yang
bernama Elis yang berjenis kelamin perempuan, yang bersekolah SMAN 1
Mattirobulu,kelas X , beragama Islam, alamat cora dan tempat tanggal lahir cora
06 juli 1997 sekarang sudah berumur 15 tahun tahun, iya mempunyai tinggi badan
160 cm dan berat badan 40 kg, dan mempunyai hoby Basket Ball.
2. Rais
Dari hasil observasi saya terhadap anak yang
bernama Rais yang berjenis kelamin laki-laki, yang bersekolah SMAN 1
Mattirobulu,kelas X , beragama Islam, alamat paero dan tempat tanggal lahir
cora pare 19 juli 1997 sekarang sudah berumur 15 tahun tahun, iya mempunyai
tinggi badan 158 cm dan berat badan 39 kg, dan mempunyai hoby memancing.
3.
PERBEDAAN
INDIVIDUAL LAINNYA (LATAR BELAKANG KELUARGA, BUDAYA, SOSIAL,DLL)

1. Devi
selfianti
Dari hasil observasi saya, latar belakang
keluarga Devi selfianti itu keluarga yg cukup mampu karena pekrjaan Ayahnya
yaitu Bisnis dan sedangkan Ibunya yaitu Urt, penghasilan dari ayah Devi cukup
baik.
2. Sudarman
Sedangkan latar belakang sudarman merupakan
dari keluarga yang mampu di mana pekerjaan Ayahnya yaitu Pegawai sedangkan
ibunya pegawai, ayah dan ibunya mampu memberikan apa yang di inginka oleh anak
tersebut.

1. Rahmawati
Dari perbedaan keduanya sangatlah berbeda,
latar belakang keluarga Rahmawati ini merupakan
keluarga yang tidak mampu di mana ayah dari Rahmawati sudah meninggal dan
pekerjaan ibunya penjual buah-buahan, ibunya tidak bisa memberikan fasilitas
yang lengkap kepada anaknya karena kurang mampu, sedangkan
2. Muhammad
ihksan
Dari hasil observasi saya latar belakang
keluarga ihksan dari keluarga yang mampu, di mana pekerjaan ayahnya guru
sedangkan ibunya guru, ayah dan ibunya mampu memberikan fasilitas yang lengkap
untuk anaknya.

1. Elis
Dari hasil observasi saya terhadap anakyang
bernama elis merupakan dari keluarga yang cukup mampu karena di mana pekerjaan
ayahnya yaitu tani sedangkan ibunya urt, walaupun pekerjaan ayahnya tani tapi
dia mampu memberikan fasilitas yang lengkap kepada anaknya, contohnya motor dia
dibelikan motor kepada org tuanya agar biasa di pake ke sekolah karna jarak
dari ke rumah ke school cukup jauh.
2. Rais
Sedangkan hasil observasi saya terhadap anak
yang bernama rais yaitu dari keluarga yang mampu, pekerjaan ayahnya yaitu
Polisi sedangkan ibunya perawat dan penghasilanyapun berkecukupan.
4.
PERBEDAAN
MOTIVASI BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH

1. Devi
selfianti
Devi merupakan anak yang pintar di
kelasnya karena devi ini merupakan
peringkat ke 2 di kelasnya, biarpun dia cuman peringkat ke 2 tapi anak ini
rajin belajar agar supaya bisa menjadi peringkat pertama di dalam kelasnya,
anak ini menyukai semua mata pelajaran tetapi ada yang paling ia sukai yaitu
bahasa inggris, mnurut anak ini bahasa inggris gampang dan mudah dia pahami,
hasil belajar anak ini sangat baik.
2. Sudarman
Sudarman merupakan siswa yang tidak terlalu
pintar di dalam kelas tapi anak ini belajar keras agar dia bisa seperti
teman-temanya yang lain, anak ini in meyukai pelajaran mate-matika menurut dia
mate-matika itu mudah di mengerti dan susah-susah gampang adapun mata pelajaran
yang tdk di suka yaitu bahasa daerah menurutny susah di baca, anak ini hasil
belajarnya di sekolah kurang baik.

1. Rahmawati
Rahmawati ini merupakan anak yang tidak
pintar di kelasya, cara belajarnya kurang dan malas, anak ini di sekolah cuman
bergaya mengikuti teman-temanya.
2. Muhammad
ihksan
Sedangkan anak yang bernama ihksan ini
sanagatlah berbeda dengan rahmawati, iksan merupakan anak yang pintar di dalam
kelasnya dan cara belajarnya baik, anak ini giat belajar dan nilainyapun sangat
baik adapun mata pelajaran yang ia suka yaitu mata pelajaran TIK, karena mata
pelajarn tersebut mengajarkan kita mengenai komputer dan teknologi, adapun mata
pelajaran yang tidak di suka yaitu Matematika karena susah menghitung.

1. Elis
Elis merupakan anak yang cerdas di dalam
kelasnya, anak ini sangat rajin belajar dan nilainyapun cukup memuaskan, anak
ini rajin keperpustakaan membaca buku adapun mata pelajaran yang disuka yaitu
PKN karena mata pelajaran ini bisa membahas kewarganegaraan.
2. Rais
Rais merupakan anak yang tidak terlalu cerdas
di kelasnya, cara belajarnya kurang dan di malam kerja tugas tetapi ketika
gurunya cantik anak ini rajin masuk kelas apa lagi mata pelajaran bahasa
inggris ia sangat meyukai karena gurunya cantik, nilainyapun kurang memuaskan.
5.
ANALISIS
ANDA TERHADAP TEMUAN

Berdasarkan
informasi dan data-data invidual dari berbagai aspek yang diperoleh melalui
observasi pada kedua anak tersebut dan dikaitkan degan teori, hasil observasi
yang lebih dominan adalah teori Jean Piaget tahap ke tiga yaitu tahap
operasional konkrit. Dimana dalam teorinya menjelaskan bahwa pada tahap ini
anak menunjukkan permulaan dari kapasitas logika orang-orang dewasa. Mereka
mengerti aturan dasar dari logika. Bagaimanapun juga, proses berfikir, atau
operasi, pada umumnya melibatkan objek yang kelihatan (konkrit) daripada ide
yang abstrak. Egosentrisme pada tahap ini sudah mulai berkurang. Kemampuan
mereka untuk menggunakan peran dari orang lain dan melihat dunia, dan mereka
sendiri, dari perspektif orang-orang lain sudah berkembang dengan pesat. Mereka
mengenal bahwa orang melihat sesuatu dengan cara yang berbeda, karena perbedaan
situasi dan perbedaan nilai. Mereka dapat fokus pada lebih dari satu dimensi
pada beberapa waktu. Pada tahap ini juga sudah menunjukkan pemahaman akan hukum
kekekalan (konservasi).

Berdasarkan informasi dan data-data invidual
dari berbagai aspek yang diperoleh melalui observasi pada kedua anak tersebut
dan dikaitkan degan teori, hasil observasi yang lebih dominan adalah teori Erik
Erikson tahap ke lima yaitu identitas diri dan kekacauan peran. Dimana dalam
teori ini menjelaskan bahwa Pada tahap ini remaja / individu dihadapkan pada
temuan siapa mereka? Bagaimana mereka nantinya? Kemana tujuan mereka? Menuju
dalam kehidupannya. Menciptakan Identitas Diri yang benar adalah mengumpulkan semua
pengetahuan yang kita kumpulkan sampai saat itu, dan menggabungkan semuanya
menjadi suatu citradiri yang berguna bagi masyarakat.

Berdasarkan informasi dan data-data invidual
dari berbagai aspek yang diperoleh melalui observasi pada kedua anak tersebut
dan dikaitkan degan teori, hasil observasi yang lebih dominan adalah teori Jean
Piaget pada tahap ke empat yaitu tahap opersional formal. Dimana dalam teorinya
menjelaskan bahwa pada tahap ini meliputi kemampuan klasifikasi, berpikir
logis, dan kemampuan hipotetis. Ada beberapa feature
yang memberi remaja kapasitas lebih besar untuk memanipulasi dan menghargai
lingkungan luar dan dunia imajinasi yang mencakup pemikiran hipotetis,
penyelesaian masalah yang sistematis, kemampuan untuk menggunakan simbol dan
pemikiran deduksi. Remaja dapat memproyeksikan dirinya pada situasi yang
melebihi pengalaman mereka saat itu, dan untuk alasan itu, mereka terbungkus
dalam fantasi yang panjang.
6.
KESIMPULAN
DAN SARAN ANDA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI
PENDIDIKAN

Dari
hasil observasi antara anak SD,SMP dan SMA dapat disimpulkan bahwa walaupun
usia mereka sama dalam perkembangan aspek fisik-psikologis, latar belakang
keluarga, budaya, sosial, motivasi belajar dan hasil belajarnya di sekolah
berbeda. Perbedaan tersebut di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya
perbedaan cara didik orang tua terhadap anak, lingkungan dan kebiasaanya.

perkembangan aspek fisik-psikologis, latar
belakang keluarga, budaya, sosial, motivasi belajar dan hasil belajarnya di
sekolah berbeda walaupun umurnya relatif sama. Oleh karnanya sebagai pendidik
harus mempelajari perkembangan peserta didiknya agar dapa memahami karakter
dari masing-masing peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengembangkan
potensi/keterampilan yang mereka miliki. Begitupun dengan calon pendidik
diharapkan mampu mempelajari perkembangan pserta didik dan psikologi agar dapat
memudahkan dalam menghadapi peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar